Paulsen Munksgaard (OvergaardDinesen43)

Pembelajaran mengenai geopolitik dan geostrategi dalam kurikulum 2013 terdapat di materi kelas 3 tingkat SMA. Pembahasan ini biasanya terangkum pada materi pelajaran Ppkn yang basisnya mengenai serangkaian regulasi nasional atau kebijaksanaan yang dijadikan oleh pemerintah. Lalu apa arti dari kedua kata hal yang demikian? Silahkan simak penjelasan berikut.

Geopolitik sendiri mempunyai makna sebuah sistem politik atau beberapa hukum yang berbentuk kebijaksanaan serta taktik dalam aspirasi geografik nasional yang nantinya sekiranya kebijakan atau taktik tersebut sukses, maka akan berpengaruh seketika kepada sistem politik Negara itu sendiri.

Meskipun geostrategi sendiri ialah sebuah perumusan taktik politik yang berdasar pada situasi serta konstelasi geografik yang ada di Negara tersebut. Tidak hanya itu, geostrategi ini juga melihat keadaan sosial, penduduk, kebiasaan, sumber kekuatan alam, lingkungan regional dan internasional.

Keduanya amat penting untuk membentuk suatu negara yang lazimnya memiliki wilayah Negara yang luas. pengertian geopolitik dan geostrategi ini didukung oleh wawasan nusantara serta ketahanan nasional yang ada di Indonesia. Indonesia sendiri terdiri dari beribu-ribu pulau oleh sebab itu pentingnya geopolitik dan geostrategi ini dapat mendorong sebuah ketahanan nasional dari sebuah pemahaman geografi.

Dalam sebuah negara kepulauan ketahanan nasional amat penting untuk mempertahankan kemerdekaan suatu negara. Ketahanan nasional sendiri yakni usaha untuk mencegah atau melawan sebuah tantangan, hambatan, ancaman, serta gangguan secara lantas maupun tak lantas, serta dari dalam maupun dari luar negeri.

Asas ketahanan nasional sendiri tercantum dalam undang-undang yang isinya yakni sebuah prinsip dalam ketahanan nasional yang berdasar nilai-skor Pancasila, UUD 1945, serta wawasan Nusantara. Sifat ketahanan nasional sendiri ada 4, yaitu Mandiri, wibawa, dinamis, serta konsultasi atau kerja sama. Keempatnya penting sekali dalam mengerjakan sebuah ketahanan nasional di negeri ini.

Geopolitik dan geostrategi dapat dilaksanakan sekiranya negara tersebut bisa mengendalikan prinsip skor dalam Pancasila, UUD 1945, serta wawasan nusantara. Sekiranya itu, ketahanan nasional juga betul-betul berhubungan dengan keduanya. negara hal yang demikian sukses untuk mengerjakan geopolitik ataupun geostrategi karenanya negara tersebut akan menjadi negara yang makmur.