Malone Hirsch (May51Oakley)

Menjelang selesainya musim kering tahun ini, para petani di lokasi berlereng umumnya gigih mempersiapkan diri guna menanam memasuki musim hujan. Salah satu komoditas yang kerap dikembangkan dalam daerah dataran tinggi yaitu bawang putih.

Oleh sebab itu untuk kamu yang mau sekali menanam bawang putih di bawah ini simak kiat yang ideal bertanam bawang putih cocok dengan rekomendasi Kementerian Pertanian :

Bibit yang bagus Poin paling prioritas pada budidaya bawang putih yakni pemilihan bibit. Benih yang bagus sepatutnya berpegang pada LADORFISIO ialah Label benih semestinya tepat, umur bibit telah pecah Dormansi, Jasmaniah bibit cocok varietas lokal, dan benih tidak berbentuk Siung pipilan, serta tentukan bukan benih oplosan.

Ukuran umbi mini atau gede tak masalah Masalah ukuran umbi bibit yang kecil, bukan berarti tidak bermutu. Asal LADORFISIO nya berproses dengan baik, bibit yang umbi maupun siungnya kecil itu masih bisa ditanam dan menjadikan umbi yang besar. Tapi tentu terdapat syaratnya.

gobuso .com Pupuk dan pemeliharaan Berikutnya kasih pupuk kompos yang telah matang sebanyak 5sampai 10 ton per hektare. Direkomendasikan untuk memakai pupuk kandang sapi, kambing maupun ayam. Caranya ialah dengan mengaplikasikannya di permulaan pengolahan tanah. Lalu apabila bawang putih ditanam di musim kering, pastikan air sepatutnya tersedia dengan baik, sebab tanaman bawang putih benar-benar memerlukan air.

Pengontrolan hama Selanjutnya lakukan pembatasan hama penyakit dengan baik terutamanya dilindungi dari serangan jamur. Anda patut senantiasa rajin dan rutin melaksanakan pembersihan gulma dan merawat tanaman dengan bagus sampai panen.

Panen dan pencarian benih Nantinya jikalau sudah panen, lakukan penyortiran terhadap hasil panen yang asalnya dari bibit berukuran kecil tadi. Pilih calon benih bawang putih yang memiliki ukuran umbi besar dan padat. Bagus jika bisa dipilih yang memiliki ukuran diameter lebih dari 5 cm. Ingat, makin gede serta padat umbi, kian bagus diwujudkan bibit bagi penanaman berikutnya.