Thisted Kara (LindgaardStevenson2)

Menstruasi atau haid ialah siklus bulanan yang dialami oleh para wanita. Pada umumnya, menstruasi terjadi setiap 28-35 hari sekali. Namun, setiap wanita akan mengalami siklus haid yang berbeda tergantung dengan kondisi tubuh masing-masing. Ada sebagian wanita yang acap kali kali mengalami permasalahan menstruasi, seperti haid tak lancar. Tiap-tiap wanita tentunya akan merasa cemas ketika mengalami sudah haid. Sebagian dokter menyebutkan bahwa haid yang tak lancar secara terus menerus yakni pertanda dari suatu penyakit. Melainkan, haid yang tak lancar juga bisa disebabkan oleh hal-hal lainnya.

Salah satu hal yang paling sering membuat wanita mengalami haid yang tidak lancar ialah elemen stres. Ya, mengalami stres berlebih rupanya bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh wanita, sehingga hal ini berimbas pula kepada siklus haid atau menstruasi. Untuk menuntaskan haid yang tidak lancar sebab unsur stres, karenanya dapat mengerjakan teknik relaksasi, rutin olahraga, dan melaksanakan kesibukan lain yang dapat menurunkan tingkat stres.

Bila wanita yang sudah menjelang umur 40 tahun mengalami haid tidak lancar, maka hal ini ialah hal yang wajar. Mengapa? Pada lazimnya, haid yang tak lancar adalah salah satu ciri-ciri wanita yang akan mengalami menopause. http://www.arwini.com/15-penyebab-haid-tidakteratur-dan-menstruasi-tidak-lancar/ yang kita kenal bahwa menopause yakni suatu situasi di mana para wanita di atas 40 tahun sudah tidak mengalami menstruasi lagi. Kalau menopause dini mulai terjadi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui keadaan yang sesungguhnya.

Adanya keadaan sulit pada kelenjar tiroid juga menjadi salah satu hal yang dapat menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Kelenjar tiroid sendiri yakni suatu kelenjar yang berprofesi untuk memegang metabolisme dalam tubuh. Kalau kelenjar ini mengalami gangguan atau persoalan, karenanya beragam siklus metabolisme dalam tubuh juga ikut serta terganggu, termasuk siklus menstruasi pada wanita. Seandainya hal ini terjadi, pastikan bahwa Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter supaya bisa menerima penanganan dengan bagus dan menstruasi dapat lancar kembali.

Beberapa hal tersebut yakni elemen yang bisa menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Selain itu, ada hal lain yang acap kali kali menjadi penyebab haid tidak lancar, ialah merokok, gaya hidup yang tidak sehat, mengalami penyakit kronis, sindrom ovarium polikistik, berat badan menurun, obesitas, pemakaian alat kontrasepsi, dan hormon prolaktin berada pada jumlah berlebih. Jika Anda mengalami persoalan haid yang tak lancar, lantas memeriksakan diri pada dokter terdekat supaya segera dikenal penyebabnya dan dapat ditangani dengan bagus.