Eskesen MacKay (SnedkerRodgers3)

Centella Asiatica atau yang lebih diketahui sebagai daun pegagan yaitu tanaman merambat yang mempunyai batang kecil dan daun berwarna hijau berbentuk hampir bulat. Tanaman ini hidup banyak ditemukan di wilayah Asia yang kebanyakan negaranya mempunyai iklim tropis, salah satunya Indonesia. Pegagan dapat ditemukan di Indonesia. Daerah yang kerap ditumbuhi oleh tumbuhan ini adalah tempat yang dekat dengan perairan seperti di dekat sungai maupun di persawahan. Daun pegagan kadang-kadang diaplikasikan untuk hiasan pada makanan ataupun dikonsumsi sebagai lalaban seperti paterseli atau selada air sebab memang daun ini tidak mempunyai rasa. Daun pegagan juga telah ternyata memiliki bermacam-macam manfaat penting untuk kesehatan.

Sudah ada banyak penelitian yang menandakan bahwa daun pegagan memang kapabel diterapkan untuk kesehatan manusia. Beberapa studi dan penelitian telah membuktikan bahwa daun pegagan mempunyai banyak kandungan yang amat berguna untuk kesehatan manusia maupun untuk melawan beragam jenis penyakit. Sebagian kandungan penting di dalam pegagan antara lain antioksidan, kalsium, fosfor, potassium, beta carotene, asam askorbat, asam asiatik, tiamin, riboflavin dan lain sebagainya. Mempunyai kandungan yang benar-benar berkhasiat untuk kesehatan, di sebagian Negara yang juga terdapat daun pegagan, memanfaatkan tanaman ini dalam bentuk teh supaya bisa dikonsumsi dengan mudah. Negara lainnya juga ada yang memanfaatkan tanaman ini sebagai bahan dasar pembuatan berbagai produk kecantikan, obat penenang, obat luka bakar, bahkan obat untuk mengobati pelbagai ragam penyakit membahayakan seperti pencegahan penyakit hati dan pencegahan kanker.

Tidak cuma sampai di situ, pegagan juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kecerdasan dan kesehatan pada otak. Sebab mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi, daun pegagan berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah, gizi, serta mengurangi risiko kerusakan pada sel-sel otak yang mungkin dapat terjadi. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan senyawa asiaticosida yang ada pada daun pegagan berguna untuk menurunkan tingkat kecemasan, rasa gelisah ataupun stres yang kemudian menghasilkan penderita lebih aktif, komunikatif sebab tingkat kecemasan, kegelisahan dan stres yang dinikmati sebelumnya telah menurun.