Coyne Whalen (Munk76Travis)

Cirebon adalah kota yang terkenal hendak peninggalan sejarahnya. Tak bimbang tempat wisata Cirebon ternyata ramai memikat perhatian wisatawan, meskipun sebagian domestik dan masih jauh menarik penglihatan wisatawan asing. Selain besar akan Keraton Kasepuhan, Cirebon ternyata kepunyaan tempat wisata lain yang tak rontok menarik lho.

Pernahkah Engkau mendengar mengenai Gua Sunyaragi? Ya, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata Cirebon yang berisik didatangi wisatawan karena seri arsitektur kunonya. Gua Sunyaragi terletak dalam kelurahan Sunyaragi, Kesambi Puri Cirebon.

Tempat Sunyaragi sertaterus, dikenal sederajat Taman Induk Sunyaragi. Wisatacirebon ini dulunya dibangun sebagai peristirahatan dan tempat permenungan para Superior Cirebon beserta keluarganya. Tempat ini tersangkut dalam wujud cagar tradisi dengan luas kurang lebih 15 hektar.

Yang beda dari tempat ini merupakan konstruksi serta komposisi bangunannya yang tenung seperti karang karang. Hati busuk ini dikarenakan dulunya tinggi gua dikelilingi oleh Luak Jati yang kini udah mengering. Liang Sunyaragi mempunyai banyak latar berupa teladas buatan, hiasan berbentuk pion, patung garuda dan arca legendaris Gadis Sunti.

Gua yang memerankan daya tarik wisata Cirebon berikut merupakan seksi dari Keraton Pakungwati atau yang kini dikenal sejajar Keraton Kasepuhan. Komplek hamba terbagi jadi dua adalah pesanggrahan dan bagian tempat. Pesanggrahan berisi dari tempat tidur serambi, kamar mandi, ruang ibadah serta dikelilingi sebab kolam. Sesi luar tinggi bermotif pelataran dan awan yang terbujuk unik. Berbeda dengan bagian sumber gua dikenal Gua Peteng (Gua Gelap) yang fungsinya adalah dalam semedi alias meditasi.

Ada banyak bentuk tentang cerita berdirinya Liang ini. Dari sisi versi Caruban Nagari, liang ini didirikan pada tahun 1703 oleh Pangeran Kararangen yang tak lain adalah cicit dari Sunan Pongsu Jati. Renyah peristirahatan ini sempat menyebrangi banyak pembaharuan dan pemeriksaan.

Gua Sunyaragi dibuka utk umum di setiap hari mulai pukul 08. 00 terlintas 17. 30. Harga karcis masuk ialah kurang lebih Rp. 10000. Tidak mahal meski untuk menjumpai salah satu destinasi wisata Cirebon yang Mempesona dan menguntungkan sejarah ini?